Unit Kegiatan Mahasiswa NAFILAH Universitas Islam Negeri Walisongo Adakan Kompetisi Bahasa Arab ke-V


Pemenang Lomba MMA ke-V. (Doc. Panitia MMA)



Shahafah - Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas (UKM-U) NAFILAH Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo kembali adakan Kompetisi Bahasa Arab tingkat Nasional ke-5. Acara diadakan di UIN Walisongo sendiri dan diikuti oleh tingkat Universitas dan beberapa pondok pesantren, diantaranya UIN Sunan Ampel, Universitas Islam Malang, PP. Al-Amien, PP. Daru Arqam Garut, UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, SMK 1 Cihampelas Bandung dan Ma Al-Iman Purworejo, pada (26/06/2023).


Acara yang bertajuk mahrajan dengan tema "Meningkatkan Potensi Diri dan Mahabbah terhadap Bahasa Arab di Era Milenial" ini diketuai oleh Munasiq Qism Faniyah, Muhammad Helmi Labib. Acara ini hadir dengan berbagai macam perlombaan yang menarik dan tentu akan menambah kecintaan terhadap bahasa arab. Adapun kategori perlombaannya adalah, qiroatul kitab, qiroatul syi'ir, qiraatul qisas, dan khitobah. Tidak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan dengan adanya seminar nasional.


Selain itu harapan untuk diadakannya MMA ini supaya mengenalkan bahasa arab sebagai salah satu bahasa internasional, meningkatkan soft skill para peserta, menjalin silaturahmi dengan organisasi luar kampus, serta memperkenalkan eksistensi UKM-U NAFILAH. 


“Diadakan nya MMA kemarin itu supaya mengenalkan b.arab itu bahasa internasional, meningkatkan soft skill para peserta, menjalin silaturahmi dengan organisasi luar kampus, dan mengenalkan adanya ukm nafilah supaya lebih terkenal lagi.” ujar Marwa Asilia, Raisah UKM-Naafilah. 


Adapun pemenang di masing-masing kategori perlombaan adalah Muhammad Shoniful Hadi dari Universitas Islam Malam dan Royhan Afthon Syadida dari UIN Sunan Ampel dengan kategori lomba khitobah, Kahla Mufida dari PP Darul Arqam Garut dan Ade Surya Akbar dari PP Al-Amien Prenduan dengan kategori qiroatus syi'ir, sedangkan dalam kategori qiro'atul kutub dimenangkan oleh Fadla Rohmana Safira dan Amelia Nur Fadillah dengan asal Instansi yang sama yaitu MA Al-Iman Purworejo.


Penulis : Raudatunnisa

Editor : Marwa Asilia

Publish : Qism Shahafah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL NAFILAH

Konflik Palestina-Israel

CONTOH TEKS MC BAHASA ARAB