PROFIL NAFILAH




NAFILAH (Nadi Walisongo fi al-lughah al-arabiyyah) adalah sebuah komunitas yang fokus pada kajian bahasa dan sastra Arab serta pengembangan keterampilan berbahasa Arab (maharah al-lughawiyyah). Organisasi yang telah berdiri sejak tanggal 31 Oktober 1991 ini mengusung tagline tatsqif al-lughah al-‘arabiyyah dan selalu berjuang untuk membumikan bahasa Arab. Dalam perjalanannya yang menginjak usia ke-25, Nafilah tentu telah melahirkan kader-kader yang cukup progresif terutama dalam memelihara eksistensi dan mengembangkan bahasa Arab khususnya di lingkungan UIN Walisongo dan pada masyarakat luas pada umumnya. Pergulatan intelektual Nafilah tidak terbatas pada persoalan-persoalan akademis internal kampus saja, akan tetapi lebih meluas pada bagaimana cara mengembangkan jaringan kebahasaan dalam lingkup nasional bahkan internasional.
Sebagai salah satu bahasa Internasional yang diakui oleh dunia, bahasa Arab memiliki peran dan kontribusi nyata bagi semua pihak, terlebih bagi kita kaum muslim sekaligus akademisi UIN Walisongo Semarang. Penguasaan bahasa Arab baik secara aktif maupun pasif sangat diperlukan sebagai upaya memahami sumber utama tuntunan hidup umat Islam yakni al-Qur’an al-Karim dan al-Hadits al-Syarif.
Berbagai prestasi yang telah diukir oleh Nafilah selama kurun waktu kurang lebih seperempat abad ini, tentunya mengalami fluktuasi sehingga membutuhkan introspeksi (muhasabah), saran, serta kritik konstruktif dari berbagai pihak agar nantinya visi dan misi sebuah lembaga bahasa Arab yang memiliki mandat sosial, moral, dan intelektual ini dapat terealisasi sebagaimana mestinya.
Bertitik tolak dari hal tersebut, kami yang tergabung dalam Nafilah bertekad dengan sekuat tenaga untuk menatap masa depan dengan penuh optimisme melalui penguasaan bahasa Arab diseluruh aspek kebahasaan, yakni ketrampilan berbicara (kalam), membaca (qira’ah), mendengar (istima’), menulis (kitabah), dan terjemah. Besar harapan, melalui media pengayaan kebahasaan tersebut kader-kader muda Nafilah nantinya akan memiliki daya baca kritis, tidak hanya persoalan membaca kitab klasik dan kontemporer, namun juga kritis dalam membaca dan merespon fenomena-fenomena sosial yang ada di masyarakat.
Dengan antusiasme, keuletan, dan ketekunan, bahasa Arab akan mudah dan menyenangkan. Belajar bahasa Arab adalah belajar untuk cerdas.
Kegiatan Nafilah:
a.    Kegiatan rutin:
-  Usbu’iyyah (forum kajian bahasa Arab mingguan) meliputi kajian kaidah kebahasaan, percakapan, ungkapan-ungkapan, dll.
-          Jidal ‘Ilmy (Debat bahasa Arab tentang isu-isu aktual)
-          Penerbitan buletin “Syameela” dan majalah dinding.
Kegiatan insidental: Rihlah lughawiyyah, IAJ (Istiqbal A’dho Judud), Muhadlarah ‘Ammah, Milad Nafilah, Muktamar Tsanawy, dll.

Prestasi yang pernah diraih:

    *Juara III Debat bahasa Arab se-Jateng & DIY yang diwakili oleh Ayis Mukholik, Fejriyan Yazdajir, dan Ibnu Qodir (UNNES , Maret 2009)
    *Juara II Lomba tarjamah al-Qur’an se-Jateng & DIY yang diwakili oleh M. Syafiul Huda (Unissula, Juni 2009)
      *Juara II Debat bahasa Arab se-Jawa Madura yang diwakili oleh Aminati, Ayis Mukholik, Wildan Hefni (Walisongo, 2009)
      *Juara I Debat bahasa Arab se-Jawa (UNNES, 2010)
      *Juara II Pidato bahasa Arab se-Jawa (UNNES, 2011)
      *Juara II Debat bahasa Arab tingkat Nasional yang diwakili oleh Aminati, Ayis Mukholik, Wildan Hefni (UIN Jakarta, 2011)
      *Juara I Debat bahasa Arab tingkat Nasional yang diwakili oleh Aminati, Ayis Mukholik, Wildan Hefni (UI Depok, Mei 2011)
      *Juara III Debat bahasa Arab tingkat Nasional (UII Yogjakarta, Mei 2011)
      *Juara I Debat bahasa Arab tingkat Nasional yang diwakili oleh Naela Rohmah, Furaida Ayu Musyrifa, dan M. Samsul Arifin (UI Depok, April 2013)
   *Juara I Debat Bahasa Arab Milad HMJ PBA IAIN Walisongo yang diwakili oleh Yusuf al-Faruq, Khoirrosyid Oktifuadi, Syamsul Arifin (2013)
      *Juara I Bercerita  Bahasa  Arab FUPK  IAIN Walisongo yang diwakili oleh Nikmatul Khasanah (2013)
     *Juara I Debat Bahasa Arab FUPK IAIN Walisongo yang diwakili oleh Faylasufa Sholikhah, Nur Hikmah, Khoirrosyid Oktifuadi (2013)
      *Juara I Menyanyi Arab tingkat Nasional yang diwakili Uyunil 'Aizzah (UGM Yogyakarta, 2014)
      *Juara II Puisi Arab tingkat Nasional yang diwakili Abdul Rozak (STAIN Pekalongan, 2014)
     *Juara I Debat Bahasa Arab Milad HMJ PBA IAIN Walisongo yang diwakili oleh Faylasufa Sholikhah, Misbahul Munir, Khoirrosyid Oktifuadi (2014)
     *Juara I Menyanyi Arab Milad HMJ PBA  IAIN Walisongo yang diwakili oleh Siti Nahari Nuridzati (2014)
  *Juara I Debat Bahasa Arab FUPK  IAIN Walisongo yang diwakili oleh Restu Budiansyah Rizki, Khoirrosyid Oktifuadi, Syaifudin Habibi (2014)
      *Juara I Bercerita Bahasa Arab FUPK  IAIN Walisongo yang diwakili oleh Abdul Rozak (2014)
      *Juara I Pidato Bahasa Arab LSB FITK (2014)
      *Juara II Bercerita Bahasa Arab LSB FITK (2014)
      *Juara II Pidato Bahasa Arab Festival Bahasa Ma’had Walisongo (2014)
      *Juara II Debat Bahasa Arab Festival Bahasa Ma’had Walisongo (2014)
      *Juara III Debat Bahasa Arab se-Jawa & DIY yang diwakili oleh Lusiana Rahmawati, Abdul Hamid, Ika Isma Fauziyah (Milad HMJ PBA UIN Walisongo, 2015)
   *Juara I Menyanyi Arab se-Jawa & DIY yang diwakili Siti Nahari Nuridzati (Milad HMJ PBA UIN Walisongo, 2015)
      *Juara III qira’atul kutub tingkat Nasional (IAIN Salatiga, Oktober 2015)
      *Juara III tilawah al-Qur’an tingkat Nasional (UNJ, November 2015)
      *Juara I Menyanyi Arab tingkat Nasional yang diwakili Uyunil ‘Aizzah (UI Depok, April 2016)
      *Juara II Puisi Arab tingkat Nasional yang diwakili Abdul Rozak (UI Depok, April 2016)
*  *Juara III Debat Bahasa Arab se-Jateng & DIY yang diwakili oleh Lusiana Rahmawati, Abdul Hamid, Hikmah Rahmasari (IAIN Salatiga, Oktober 2016)
*  *Juara III Menyanyi Arab se-Jateng & DIY yang diwakili Siti Nahari Nuridzati (IAIN Salatiga, Oktober 2016)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konflik Palestina-Israel

CONTOH TEKS MC BAHASA ARAB